Welcome (: Dwi Wahyu Febrianto

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, ...

Download software gratis disini

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. ...

Chatting Sepuasnya disini

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, ...

Ada Tips and Trik Blogger Disini

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec molestie facilisis ante. Ut a turpis ut ipsum pellentesque tincidunt. Morbi blandit sapien in mauris. Nulla lectus lorem, varius aliquet, ...

Ada ilmu Sastra dan Science disini

I'm just a lowly contributor. My posts must be approved by the editor.Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at ...

Posted by Unknown - - 0 komentar

Pembelajaran sains untuk anak usia dini difokuskan pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar dan gejala alam. Pembelajaran Sains pada anak usia dini memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu :
1. Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari.
2. Membantu menumbuhkan minat pada anak usia dini untuk mengenal dan memperlajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya.
3. Membantu anak agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam san memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
4. Membantu anak usia dini untuk dapat mengenal dan memupuk rasa cinta kepada alam sekitar sehingga menyadari keagungan Tuhan Yang Maha Esa.

Contoh Rancangan Pembelajaran Sains Untuk AUD

STANDAR KOMPETENSI
BAHAN KAJIAN SAINS : Pemahaman konsep dan penerapannya.

TEMA : Materi dan sifatnya
SUB TEMA : Belajar tentang benda yang mencair dan
membeku.
TUJUAN PEMBELAJARAN : Membantu anak memahami tentang
konsep benda cair dan benda padat serta
sifatnya.
Pembelajaran dengan memperhatikan pilar pendidikan dari UNESCO, namun disini dipilih hanya 2 pilar saja, yaitu :
1. Learning to know. Karena pembelajaran ini bersifat pengenalan konsep, maka tujuan pembelajaran yang hendak dicapai adalah agar anak usia dini mampu mengenal dan memahami bahwa benda padat dan benda cair yang dapat berubah wujud karena adanya perubahan suhu.
2. Learning to do. Dengan memperhatikan demonstrasi yang dilakukan oleh guru dan mencobanya sendiri, anak diharapkan mampu membedakan benda cair dan benda padat.

MODEL PEMBELAJARAN : Inkuiri dengan pendekatan demonstrasi
dan percobaan ilmiah sederhana.

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN :
BERCERITA (APPERSEPSI). Guru dapat memanfaatkan buku cerita bergambar atau gambar-gambar yang berhubungan dengan materi pembelajaran.

”MENGAPA ES MENCAIR?”
Adi, Dina, Riri dan Obi sedang asyik makan es krim. Udara diluar sangat panas. Es krim mereka pun mulai mencair.
”Cepat yuuk makan es krimnya, nanti es krim ini mencair dan menetes!” kata Adi.
Kok es krim bisa meleleh sih? Itu namanya mencair. Es krim kita berubah menjadi air.” Kok bisa jadi air ya? Mungkin es krim ini seperti coklat. Coklat juga bisa mencair, Mamaku pernah membawakan aku coklat tapi disimpan didalam tasnya, eh setelah dikeluarkan ternyata coklatnya sudah lembek dan mencair..”

KEGIATAN YANG DILAKUKAN : (LEARNING BY DOING/ melakukan percobaan sederhana).
Kegiatan 1: Guru melakukan demonstrasi
“ES YANG MENYENANGKAN”
Bahan-bahan :
Gelas plastik
Es batu
Air minum
Sirup manis
Tusuk gigi atau garpu kecil dari plastik
Wadah es batu
Kulkas atau Freezer

Aktivitas :
1. Guru mengisi 2 buah gelas dengan dengan air minum dan 2 buah gelas dengan batu es.
2. Gelas berisi air minum dimasukkan ke dalam kulkas, sedangkan gelas yang berisi batu es didiamkan di ruangan. Tunggulah sampai kira-kira satu jam. Apa yang terjadi?
3. Setelah satu jam gelas yang yang berisi batu es telah berubah menjadi air minum, dan gelas yang berisi air minum yang dimasukkan kedalam kulkas telah berubah menjadi es batu. Guru memperlihatkan hasilnya kepada anak-anak.
4. Guru bertanya tentang perbedaan yang terjadi pada air dan menjawab respon yang diberikan oleh anak.
5. Guru memberikan penjelasan tentang perubahan zat cair menjadi zat padat, dan sebaliknya.
“Jadi air berubah menjadi es di tempat yang dingin, dan es berubah menjadi air di tempat yang hangat. Peristiwa ini disebut mencair. Banyak benda-benda selain es batu yang dapat mencair, misalnya coklat, mentega dan lilin. Batu juga dapat meleleh jika terkena panas sekali. Seperrti lahar yang berasal dari gunung berapi.”

Leave a Reply